loading...

Desain Kantor SOHO Yang Efisien

Cari duit adalah keinginan Anda. Tetapi jangan meremehkan cara Anda mendapatkannya. Maukah Anda bekerja berjam-jam untuk menyelesaikan tugas yang sederhana hanya karena Anda kesulitan mencari dokumen dan diganggu anggota keluarga?

Ketika Anda merancang kantor SOHO, pastikanlah itu akan efisien, rapi, dan menyenangkan. Artikel ini mencoba memaparkan hal-hal penting bagi suatu kantor SOHO.

Tempat Kerja

Agar efektif, sangat penting memasang sebuah ruangan khusus untuk tempat kerja Anda. Jika Anda serius memulai suatu bisnis, sebuah ruangan khusus akan memberikan Anda fokus, konsentrasi, dan kepercayaan. Jika Anda terlalu santai, Anda akan mudah terganggu.

Sebagai contoh, jika kantor Anda berada di ruang keluarga, Anda akan sering terganggu dengan suara TV atau kegiatan anak-anak. Jika Anda tidak punya pilihan lain, pastikanlah Anda mematikan TV ketika Anda bekerja. Atau Anda dapat mengerjakan bisnis Anda setelah anak-anak pergi tidur.

Anda bisa setup kantor SOHO secara mudah dengan mengubah kamar tidur ekstra. Sebagai contoh, jika Anda mengubah kamar tidur dekat dengan saluran telpon, ini akan menjadi pilihan yang ideal karena akan memerlukan sambungan telpon. Atau Anda dapat mengubah loteng tempat barang-barang menjadi kantor Anda. Cobalah kreatif.

Kemudian Anda perlu menaruh meja besar. Meja ini perlu cukup besar untuk menampung komputer atau laptop, monitor tambahan, buku catatan, alat-alat tulis, tempat telepon (handset) dan tempat untuk menulis atau membaca buku/dokumen. Alat-alat ini harus dapat dijangkau tangan Anda. Berikanlah ruang cukup di bawah meja untuk kaki Anda.

Anda juga perlu kursi yang nyaman. Ini penting untuk kesehatan Anda karena Anda akan duduk berjam-jam setiap hari. Jadi belanjakanlah uang yang cukup untuk membeli kursi yang bisa diatur kemiringan dan ketinggiannya. Juga perhatikan cara duduk yang benar dan posisi punggung Anda.

Telepon

Alat ini merupakan salah satu alat bisnis yang penting. Cari tahu berbagai feature telpon seperti voice mail, call forwarding, dan sebagainya untuk membuat bisnis yang bagus dan punya reputasi.

Anda juga perlu belajar pemakaian telpon. Persiapkan tulisan telpon bagaimana menjawab sebuah telpon masuk, bagaimana memanggil (jangan anggap remeh, ini penting), dan bagaimana melaksanakan conference call atau telpon speaker.

Dalam banyak kasus prospek akan menilai reputasi Anda dari panggilan telpon. Jika prospek mendengar suara yang keras dari TV atau suara anak-anak mengangkat telpon maka sang prospek akan mempertanyakan kredibilitas Anda sebagai pebisnis serius.

Jadi, yakinlah Anda memiliki saluran telpon yang khusus untuk bisnis yang hanya dijawab oleh Anda atau asisten Anda (jika Anda mempekerjakan karyawan). Pasanglah mesin penjawab atau voicemail untuk menjawab suatu panggilan ketika Anda absen.

Jika mungkin, siapkan saluran terpisah untuk mesin fax. Ini akan menaikkan kredibilitas Anda karena hanya pebisnis yang serius yang akan menyiapkan saluran telpon yang khusus untuk mesin fax. Atau Anda dapat memasang fax melalui email.

Komputer Anda

Alat bisnis berikutnya yang penting adalah komputer. Jika Anda seorang pebisnis yang berpindah-pindah, maka sebuah notebook dapat menjadi pilihan yang baik. Berikut adalah petunjuk bagi Anda dalam memilih komputer.

Gambar Merancang Kantor SOHO

Sekarang kebanyakan komputer dan notebook memakai prosesor terbaru seperti Intel Pentium 4 atau Pentium M ( Mobile ) untuk notebook. Ini adalah otak dari komputer Anda. Pilihlah yang tercepat, terbaru, dan terbaik yang Anda mampu beli.

Kemudian Anda pilih memori, secara teknik disebut Random Access Memory (RAM). Ini tempat program dan data disimpan sementara ketika Anda bekerja. Kebanyakan komputer dan notebook sekarang dikirim dengan 256 MB RAM. Ini sudah cukup bagi pekerjaan kantor yang biasa.

Jika Anda memerlukan pekerjaan grafik atau multimedia, maka belilah RAM lebih banyak. Sekarang RAM cukup murah, jadi ambillah 1 GB atau lebih.

Komputer Anda dilengkapi dengan hard disk. Inilah tempat program dan data disimpan permanen (kecuali Anda hapus dengan sengaja). Pilihlah komputer atau notebook dengan memori hard disk paling sedikit 30 GB. Lagi, memori murah, jadi Anda dapat membeli kapasitas lebih.

Ketika Vendor menginstal sistem operasi kedalam komputer atau notebook, mintalah untuk membuat 2 partisi paling sedikit: satu partisi untuk program (disebut drive C: ) dan yang lainnya (disebut drive d: atau e:) untuk data. Mintalah drive C: dipartisi sebagai NTFS (sistem file dari Windows untuk keamanan yang lebih baik) dan buatlah drive d: atau e: sebagai FAT32. Pemisahan ini untuk jaga-jaga dan kejelasan. Jika komputer Anda rusak dan Anda perlu menginstal ulang program, Anda masih mempunyai data yang utuh.

Sistem operasi selain Windows membutuhkan partisi yang lebih banyak. Lihatlah detilnya.

Mengenai monitor, direkomendasikan paling sedikit layar datar 17" untuk PC atau 15" untuk notebook. Alat ini Anda pelototi setiap waktu. Anda harus yakin bahwa Anda merawat mata Anda dengan baik. Melihat huruf-huruf kecil di layar yang kecil membuat mata Anda bekerja keras.

Juga direkomendasikan membeli monitor tambahan ketika Anda harus membaca dua dokumen atau lebih secara bersamaan. Monitor tambahan ini dipasang sebagai extention. PC dan notebook menyediakan tambahan port untuk keperluan ini.

Media penyimpan yang lain seperti compact flash, secure digital, multimedia card mungkin diperlukan. Beberapa notebook menyediakan port langsung sehingga Anda tidak perlu beli pembaca kartunya. Kartu media penyimpan ini cukup membantu ketika Anda memindahkan file dokumen atau foto dari kamera digital dan komputer Anda dengan fihak lain seperti klien, percetakan, rekanan, dan sebagainya. Saat ini compact flash paling populer dan karenanya paling murah.

Printer... Fax... Dan Scanner!

Selamat datang ke pasar pembeli dari printer multi-fungsi. Saat ini Anda dapat memiliki sebuah printer yang mampu melakukan fungsi mesin fax dan scanner. Harganya juga sudah terjangkau. Ini merupakan keuntungan yang besar bagi pebisnis rumahan. Dengan mesin 3-in-1 Anda tidak hanya menghemat biaya, tapi juga menghemat tempat.

Dari berbagai model, pilihlah model yang bisa berfungsi dengan sendirinya. Artinya mesin fax dapat berfungsi tanpa harus terhubung ke komputer.

Modem ADSL

Sekarang internet merupakan cara biasa dalam berbisnis. Dari email sederhana sampai browsing web, para pebisnis menggunakan internet. Ini bukan hanya alat untuk melakukan bisnis, internet sendiri adalah potensi bisnis yang besar jika Anda tahu cara menggunakannya.

Bila Anda membutuhkan hubungan internet yang terpercaya dan cepat, ADSL adalah pilihan yang tepat. Saat ini biaya pemasangan ADSL semakin terjangkau bagi pebisnis rumahan. ADSL singkatan dari Asyncronuous Digital Subscriber Line, yang berarti Anda memiliki hubungan terus menerus dengan penyedia jasa internet (ISP) dengan kecepatan yang berbeda (asyncronuous). Kecepatan download umumnya lebih tinggi dari upload. Sebagai perbandingan ADSL bisa memberikan kecepatan 512 kilo bit per second sementara dial up hanya mampu max 56 kilo bit per second.

Ada banyak modem ADSL di pasar. Anda dapat memiliki modem ADSL tunggal yang dihubungkan ke komputer lewat USB. Atau Anda juga bisa membeli modem ADSL yang memiliki router sehingga Anda bisa memakaikannya ke seluruh jaringan komputer di rumah Anda.

Software

Megenai sistem operasi, tidak perlu repot-repot untuk memilih Windows karena paling populer. Banyak aplikasi juga berjalan di Windows. Bagi banyak orang ini pilihan alamiah karena sudah terbiasa dengan Windows sejak sekolah.

Akan tetapi jika Anda ingin menghemat dan memiliki pengalaman lama dengan software dari open source seperti Linux, maka silakan saja instal Linux di PC atau notebook Anda. Selain harga, Linux terkenal keandalannya dan keamanannya. Serangan virus juga termasuk sangat jarang terdengar di Linux.

Software yang biasa dipakai di kantor umumnya aplikasi Office seperti pengolah kata, spreadsheet, presentasi, soiftware pengarsipan (zip and unzip), internet browser, email client, antivirus, antispyware, dan aplikasi pdf (reader dan distiller). Anda mungkin perlu aplikasi grafik untuk membuat katalog, logo, dan pengembangan web.

Aplikasi office yang populer adalah Microsoft Office. Yang paling mutakhir adalah Microsoft Office 2003 lengkap dengan Word, Excel, Powerpoint, Access, Outlook, Publisher, and InfoPath. Aplikasi Office ini juga dilengkapi dengan aplikasi pengeditan image sederhana seperti pengubahan ukuran, pengubahan grafik (cropping), dan pengubahan warna dan kontras.

Alternatif yang lain adalah serial Corel (Word perfect, presentation, Quattro, paradox) dan StarOffice (lengkap dengan pengolah kata, spreadsheet, presentasi).

Pengembangan Web

Jika Anda ingin membangun situs web, pertama kali Anda harus tanya diri sendiri apakah Anda tahu bagaimana mengerjakannya. Jika tidak, serahkanlah ke para profesional. Cek Sitesell untuk solusi lengkap mulai dari riset, pembuatan web, dan maintenance web.

Atau jika Anda menginginkan semuanya beres, pilihlah penyedia solusi total. Cek My Project Consultant.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar